Kamis, 01 Oktober 2015

Bab 4-2: Chain dan Spell Speed

Tentang Chain

Chain adalah cara untuk mengurutkan penyelesaian dari beberapa efek kartu. Chain digunakan saat efek lebih dari 1 kartu diaktifkan bersamaan, atau saat pemain hendak menggunakan suatu efek setelah kartu dimainkan, namun SEBELUM kartu tersebut meng-efek pada permainan.
Jika efek kartu diaktifkan, lawan selalu diberi kesemptan untuk merespon dengan efek kartu mereka, menciptakan Chain. Jika lawan kamu merespon dengan efek, lalu kamu dapat memilih untuk merespon dan menambahkan efek lain pada Chain. Jika lawan kamu tidak merespon, kamu dapat mengaktifkan efek kedua dan membuat Chain pada aktivasi kartu kamu sendiri. Kedua pemain berlanjut menambahkan efek pada Chain hingga tidak ada lagi yang hendak menambahkan, lalu kamu menyelesaikan/menerapkan (resolve) hasil dalam urutan yang dibalik (dimulai dari kartu yang terakhir yang diaktifkan).
Kamu harus selalu hati-hati untuk tidak menerapkan efek kartu kamu sebelum menanyakan lawan apakah ia hendak membuat Chain.


Spell Speed

Setiap tipe efek kartu memiliki Spell Speed (kecepatan Spell) diantara 1 dan 3. Jika kamu hendak merespon pada efek kartu dalam Chain, kamu harus menggunakan efek dengan Spell Speed 2 atau lebih tinggi, dan tidak boleh Spell Speed yang lebih rendah dari efek yang direspon. Lihat penjelasan berikut tentang Spell Speed dari berbagai tipe efek kartu.

Efek Spell, Trap, dan Monster Efek memiliki Spell Speed yang berbeda. Terdapat Spell Speed dari 1 hingga 3. Kamu hanya dapat merespon dengan efek yang memiliki Spell Speed 2 atau lebih tinggi, dan Spell Speed-nya harus sama atau lebih tinggi dari Spell Speed efek yang di-Chain.
•    Spell Speed 1
Ini adalah Spell Speed paling rendah. Kartu-kartu ini tidak dapat diaktifkan untuk merespon efek kartu lain. Tipikalnya, efek-efek ini tidak dapat menjadi Chain Link 2 atau diatasnya, kecuali beberapa efek Spell Speed 1 aktif bersaman secara serempak.
Yang termasuk Spell Speed 1: Spell (Normal, Equip, Continuous, Field, Ritual), Efek Monster Efek (Ignition, Trigger, dan Flip).
•    Spell Speed 2
Kartu-kartu ini dapat digunakan untuk merespon pada efek Spell Speed 1 atau 2, dan biasanya dapat diaktifkan dalam phase apapun.
Yang termasuk Spell Speed 2: Trap (Normal, Continuous), Spell Quick-Play, Efek Quick pada Monster Efek.
•    Spell Speed 3
Ini adalah Spell Speed tercepat dan dapat digunakan untuk merespon semua jenis Spell Speed. Hanya kartu dengan Spell Speed 3 lain yang dapat digunakan untuk merespon kartu-kartu ini.
Yang termasuk Spell Speed 3: Trap Counter.

Bagaimana Chain Diselesaikan?

Seperti ditunjukkan dalam gambar di atas, efek yang pertama diaktifkan adalah Chain Link 1. Efek berikutnya adalah Chain Link 2, dan seterusnya. Setiap Chain Link yang baru dibuat, semua diurutkan menurut pengaktifan kartu. Setelah Chain komplit (tidak ditambah lagi), hasilnya dimulai dari kartu yang terakhir diaktifkan dari atas Chain dan turun hingga Chain Link 1.

Contoh Chain

Player A memainkan "Heavy Storm" dan Player B merespon dengan mengaktifkan "Threatening Roar" yang telah di-Set. Lalu Player A meresponnya dengan mengaktifkan "Seven Tools of the Bandit".
Dalam kasus ini, Chain Link ditumpuk seperti gambar di bawah:
  
 
"Seven Tools of the Bandit" (Chain Link 3) diterapkan pertama dan me-negate aktivasi "Threatening Roar".
"Threatening Roar" (Chain Link 2) kemudian aktif, namun efek "Seven Tools of the Bandit" menghentikan aktivasinya sehingga tidak ada efek apapun. Player A tetap dapat mengumumkan serangan.
Lalu efek "Heavy Storm" (Chain Link 1) resolve, menghancurkan semua Kartu Spell dan Trap di field, sehingga player A dapat menyerang tanpa diganggu oleh Kartu Spell atau Trap.

Prioritas Turn Player

Turn player (pemain yang sedang menjalankan turn-nya) selalu memiliki Priority, atau pilihan untuk mengaktifkan kartu lebih dulu, dalam semua phase atau step dalam turn-nya. Selama turn player memiliki Priority, lawan tidak dapat mengaktifkan kartu atau efek, kecuali untuk efek-efek yang aktif secara otomatis, seperti efek Trigger atau Flip.
Turn player dapat:
•    Menggunakan Priority untuk memainkan kartu atau mengaktifkan efek, ATAU
•    Memberikan Priority pada lawan sehingga ia dapat mengaktifkan efek.

Pemain harus memberikan Priority pada lawan saat hendak memasuki phase atau step selanjutnya. Yupz, kamu harus selalu mengumumkan bahwa kamu memberikan Priority sebelum akhir dari setiap phase dan step, dan bertanya pada lawan apakah hendak memainkan kartu. Namun, untuk memudahkan, mengumumkan akhir dari phase atau step kamu juga sekaligus memberikan Priority. Jadi, saat mengumumkan akhir dari phase, lawan cukup mengatakan "Sebelum akhir phase-mu, aku aktifkan kartu ini" dan menggunakan kartu itu.
•    Turn player memulai dengan Priority untuk mengaktifkan kartu atau efek lebih dulu.
•    Setelah aktivasi kartu, dan saat akhir dari setiap phase atau step, Priority diberikan pada lawan.

Next phase: Peraturan Lain
Prev. phase: Aturan Battle Monster
Bab 4-2: Chain dan Spell Speed
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.